Search This Blog

Yuk, Kenali Fakultas Apa Saja yang Ada Di Universitas Samudra Beserta Biaya Kuliahnya!

Oleh Sarah Nurul Khotimah
Dipublikasikan di quipper.com
23/01/2017



Quipperian, sudah menentukan pilihan perguruan tinggi yang akan kamu tuju? Masih bingung? Kalau begitu, kamu bisa mencoba memilih Universitas Samudra (Unsam) yang terletak di Kota Langsa, Aceh. Universitas ini memiliki lima fakultas dan 23 program studi (prodi) yang bisa kamu pilih. Banyak kan? Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi berikut!

Fakultas Ekonomi

Di Unsam, fakultas ini merupakan fakultas tertua loh, karena keberadaan fakultas ini lebih dulu ada sebelum berdirinya Unsam. Dulu, fakultas ini bernama Fakultas Ekonomi Malikul Saleh yang merupakan bagian dari pada Universitas Alwasliyah Medan cabang Aceh Timur. Dapat dikatakan, fakultas inilah cikal bakal berdirinya Unsam.
Di Fakultas yang disingkat menjadi Fekon ini terdapat tiga prodi, yakni Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan. Secara garis besar, di ketiga prodi itu kamu akan mempelajari ilmu ekonomi tapi dengan pembidangan yang berbeda.
Di Prodi Akuntansi, kamu akan mempelajari mengenai berbagai hal terkait ilmu akuntansi. Mulai dari akuntansi dasar, akuntansi keuangan, akuntansi perpajakan, akuntansi pemeriksaan (auditing), akuntansi sektor publik, hingga sistem informasi akuntansi. Intinya, kamu akan mempelajari ilmu mengelola keuangan sebuah instansi atau perusahaan. Tentunya, dengan bekal ilmu itu, kamu akan dicari oleh banyak instansi atau perusahaan.
Lalu, prodi kedua di Fekon Unsam ialah Manajemen. Di prodi ini, kamu akan mempelajari bagaimana mengelola sebuah struktur organisasi dalam sebuah instansi atau perusahaan. Biasanya, lulusan prodi manajemen akan ditempatkan dalam struktur internal perusahaan yang bertugas mengelola lajunya perusahaan.
Dan, prodi ketiga ialah Ekonomi Pembangunan. Di prodi ini kamu akan mempelajari permasalahan ekonomi yang berhubungan dengan pembangunan di negara-negara berkembang, seperti sektor keuangan, perbankan, perancanaan perekonomian, hingga perkembangan industrinya. Dengan kuliah di prodi ini, kamu akan mengerti betapa sulitnya mengelola perekonomian suatu negara.
Soal potensi karier, lulusan fakultas ini kiranya memiliki peluang yang cukup luas. Kamu bisa bekerja di berbagai sektor, mulai dari perbankan, industri, pendidikan, hingga instansi pemerintahan. Selain itu, sebagai sarjana ekonomi, kamu bisa menjadi peneliti atau analis ekonomi loh. Menarik bukan?

Fakultas Hukum

Kalau Quipperian ingin menjadi seorang ahli hukum, tenang, di Unsam terdapat Fakultas Hukum. Fakultas ini dulunya merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) di Unsam. Sejalan dengan kemajuan Unsam, STIH itu kemudian naik tingkat menjadi salah satu fakultas yang ada di Unsam.
Di fakultas ini, kamu akan menemui tiga prodi, yakni Hukum Tata Negara/Administrasi Negara, Hukum Pidana, dan Hukum Perdata. Meski berlatar belakang hukum, ketiga prodi itu memiliki spesifikasinya sendiri.
Di prodi Hukum Tata Negara, kamu akan mempelajari seluk beluk hukum yang mengatur organisasi kekuasaan suatu negara beserta segala aspek yang berkaitan dengan organisasi negara tersebut. Kamu akan mempelajari bagaimana mekanisme hukum konstitusi negara sebagai dasar hukum negara dan penerapannya dalam penyelenggaraan negara.
Prodi kedua di Fakultas Hukum Unsam ialah Hukum Pidana. Di prodi ini, kamu akan belajar berbagai macam undang-undang yang terkait dengan tindakan pidana kriminal. Kamu akan tahu bagaimana kriteria orang melanggar secara pidana dan bagaimana proses hukumnya.
Dan, prodi terakhir ialah Prodi Hukum Perdata. Di prodi ini kamu akan mempelajari aturan hukum terkait hubungan satu orang dengan orang lain atau satu instansi dengan instansi lainnya. Kamu akan mengerti bagaimana hukum pengaturan hak waris, perjanjian jual beli, hingga kriteria pelanggaran perdata yang dilakukan seseorang.
Sistem pemilihan prodi di fakultas ini sedikit berbeda dengan fakultas lainnya. Kamu baru akan masuk ke salah satu prodi saat menginjak semester 5. Sebelum itu, kamu harus mengikuti berbagai mata kuliah hukum umum, seperti dasar-dasar ilmu hukum dan perkembangan ilmu hukum.
Selain itu, di Unsam, setiap mahasiswa hukum wajib mempelajari ilmu hukum syariat Islam. Alasan utama ilmu itu wajib dipelajari karena di Kota Langsa dan provinsi Aceh menerapkan hukum syariat Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Sebagai salah satu PTN yang ada di Aceh, sudah barang tentu pelajaran hukum Islam wajib dipelajari oleh mahasiswa Fakultas Hukum Unsam.
Pasca lulus sebagai mahasiswa hukum, pastinya kamu memiliki jalur karier utama di bidang hukum. Kamu bisa menjadi pengacara, jaksa, notaris, hingga hakim. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjadi pengamat hukum, bidang legal hukum di suatu perusahaan, hingga menjadi peneliti bidang hukum.

Fakultas Teknik

Fakultas ini merupakan yang paling baru di Unsam. Meski begitu, peminatnya tidak kalah banyak dengan fakultas lainnya. Fakultas yang merupakan gudangnya calon insinyur ini memiliki 4 prodi, yaitu teknik sipil, teknik mesin, teknik industri, dan teknik informatika.
Prodi pertama yang akan dibahas ialah Teknik sipil. Di sini, kamu akan mempelajari seluk beluk pembangunan infrastruktur bangunan dan ruang lingkup di sekitarnya. Di prodi ini, kamu akan mempelajari ilmu struktur tanah, analisis struktur bangunan, teknologi pembangunan gedung, dan berbagai ilmu lainnya yang pastinya berhubungan dengan pembangunan infrastruktur.
Biasanya, lulusan teknik sipil akan memiliki jenjang karier di sektor infrastruktur. Kamu bisa menjadi konsultan infrastruktur, kontraktor, hingga menjadi staf ahli bidang infrastruktur di berbagai instansi pemerintah. Prodi kedua ialah Teknik Mesin. Di prodi ini, kamu akan berkutat dengan berbagai macam mesin. Mulai dari mesin kendaraan hingga mesin pabrik. Soal pelajarannya, kamu akan kembali berkutat dengan pelajaran Fisika dan Matematika sebagai ilmu dasarnya.
Setelah itu, kamu akan mempelajari berbagai ilmu turunan dari Fisika dan Matematika, seperti termodinamika, mekanika, mekatronik, konversi energi, dan lain sebagainya. Adapun, kamu juga harus menguasai ilmu komputer karena perkembangan teknologi saat ini membuat proses pembuatan mesin sudah terkomputerisasi.
Lulusan teknik mesin biasanya akan memiliki karier di sektor industri. Sebab, di sektor inilah penggunaan keahlian sarjana teknik mesin sangat dibutuhkan untuk melakukan maintenance mesin pabrik hingga perbaikan mesin yang kurang optimal. Selain itu, lulusan teknik mesin biasanya berkarier sebagai seorang penemu ataupun peneliti. Seru kan?
Lalu, prodi ketiga yang bisa kamu pilih di Fakultas Teknik Unsam ialah Teknik Industri. Prodi ini sedikit berbeda dengan prodi lainnya di Fakultas Teknik. Sebab, di prodi ini kamu tak hanya belajar ilmu eksakta, seperti Matematika dan Fisika, tapi juga ilmu sosial, seperti anajemen dan psikologi.
Alasan utama kamu mendapatkan ilmu-ilmu sosial ialah di prodi ini kamu belajar bagaimana sebuah industri berjalan. Mulai dari proses produksinya hingga bagaimana produk yang dihasilkan mampu diterima oleh masyarakat.
Setelah lulus, kamu tidak akan kesulitan mencari pekerjaan karena lulusan teknik industri kerap dibutuhkan oleh berbagai perusahaan yang bergerak di sektor industri. Potensi karier kamu tak berhenti sampai di situ, loh Quipperian. Sebab, alumni teknik industri bisa menjadi seorang konsultan industri, pengamat perkembangan industri, hingga bekerja di instansi pemerintahan.
Prodi keempat ialah Teknik Informatika. Pastinya Quipperian sudah bisa membayangkan apa yang dipelajari di prodi ini. Ya, sesuai namanya, di prodi ini kamu mendalami ilmu komputer dan sistem informatika. Di prodi ini kamu akan mempelajari algoritma, matematika diskrit, aljabar, metode numerik, bahasa pemrograman, data base jaringan, rekayasa perangkat lunak, dan lain sebagainya. Pastinya, setelah lulus, kamu akan mahir mengutak-atik komputer, baik pada hardware-nya ataupun software-nya.
Jenjang karier untuk lulusan teknik informatika sangat luas. Sebab, seluruh perusahaan ataupun instansi pemerintah membutuhkan ahli informatika. Tentunya, kamu akan dipekerjakan di bidang teknologi informasi di suatu perusahaan. Tak hanya itu, kamu bisa menjadi konsultan informatika, pengajar, hingga mengembangkan usaha di bidang sistem informatika sendiri.
Prodi terakhir di Fakultas Teknik Unsam ialah Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Prodi ini merupakan paling baru di Fakultas Teknk. Sebab, baru pada tahun ajaran 2015/2016 prodi ini membuka penerimaan mahasiswa. Di prodi agak sedikit unik. Pasalnya, ada empat pengkhususan yang memiliki kapabilitas setara dengan prodi MIPA itu sendiri. Keempat pengkhususan itu ialah ilmu matematika, fisika, dan ilmu kimia. Sederhananya, prodi MIPA ini seperti fakultas kecil di Fakultas Teknik.
Tentunya, di prodi ini kamu akan mempelajari pelajaran seputar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Lulusan dari prodi ini biasanya bekerja di bidang penelitian ilmu eksakta. Tapi, ada pula lulusan prodi ini yang bekerja di suatu perusahaan, biasanya bekerja di bidang administrasi. Adapula, beberapa lulusan MIPA yang bekerja di instansi pemerintahan, loh!
Intinya, jadi mahasiswa di Fakultas Teknik Unsam tidak akan membuatmu menyesal. Ada lima prodi yang bisa dipilih, so kamu memiliki banyak pilihan loh.

Fakultas Pertanian

Untuk kamu yang tertarik untuk mengembangkan karier di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan, kamu bisa memilih Fakultas Peternakan Unsam. Di fakultas ini terdapat tiga prodi, yakni Agribisnis, Agroteknologi, dan Budidaya Perairan. Kalau kamu memiliki minat berkecimpung dalam bisnis sektor pertanian, kamu harus bergabung ke prodi Agribisnis Unsam. Sebab, di prodi ini kamu akan belajar membudidayakan dan memasarkan produk hasil tani secara luas.
Kamu akan mempelajari ilmu pertanian dengan dipadukan beberapa ilmu ekonomi. Dengan berbekal dua bidang ilmu itu, lulusan prodi Agribisnis diharapkan mampu mengembangkan bisnis di sektor pertanian. Untuk Prodi Agroteknologi sebenarnya memiliki dasar yang sama dengan Agribisnis. Hanya saja, di prodi ini lebih condong kepada teknologi pertanian. Di prodi ini, kamu akan mempelajari metode budidaya pertanian dan perkembangan teknologi pertanian.
Sebagai prodi berbasis pada ilmu pertanian, di kedua prodi itu kamu akan mempelajari beberapa ilmu dasar, seperti agronomi, ilmu tanah, hingga ilmu hama. Pokoknya hal yang kamu pelajari di dua prodi itu tidak jauh dari dua hal, tanaman dan tanah.
Prodi terakhir di Fakultas Pertanian Unsam ialah Budidaya Perairan. Bila melihat pada bidang ilmunya, prodi tersebut memang tidak berhubungan dengan dunia pertanian. Di prodi ini kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti bioteknologi akuakultur, manajemen kesehatan ikan, pengembangan industri perikanan, limnologi, hingga pengembangan pakan.
Ketika kamu lulus dari fakultas ini, kamu bisa berwirausaha di sektor pertanian ataupun perikanan. Selain itu, kamu bisa mengabdikan ilmumu pada masyarakat sebagai konsultan loh. Kamu juga bisa berkarier di instansi pemerintah bila memang ingin berkarier sebagai PNS. Pokoknya, banyak yang bisa kamu lakukan sebagai alumni Fakultas Pertanian Unsam.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jika kamu memiliki minat di dunia pendidikan dan bercita-cita menjadi guru, sudah pasti kamu harus memilih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsam. Fakultas ini memiliki prodi yang paling banyak daripada fakultas lainnya, yakni berjumlah 10 prodi.
Kesepuluh prodi tersebut adalah Pendidikan Sejarah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Geografi, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Fisika.
Di fakultas ini tentunya kamu akan mempelajari ilmu pedagogi atau metode pembelajaran, manajemen pendidikan, hingga pembuatan kurikulum. Di masing-masing prodi, kamu akan mempelajari ilmu yang berkaitan dengan prodi masing-masing.
Adapun, untuk Prodi PGSD, kamu akan mendapatkan mata kuliah psikologi anak. Diajarkannya ilmu tersebut karena sebagai calon guru SD kamu harus tahu mengenai perkembangan psikis dan fisik anak. Tentunya, lulusan fakultas ini akan sangat mudah mencari pekerjaan. Sebab, lowongan pekerjaan guru tidak akan pernah habis di Indonesia. Tak hanya itu, kamu juga bisa terjun pada bidang manajemen pendidikan, mulai dari menjadi kepala sekolah, pengawas, sampai bekerja di dinas pendidikannya sendiri.

Biaya Kuliah

Berbicara mengenai biaya kuliah, kamu harus tahu mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT). Melalui sistem ini, kamu hanya perlu membayar biaya kuliah dengan hitungan per semester. Dengan demikian, kamu tidak akan ditarik biaya lain di luar biaya semesteran.
Di Unsam, ada enam kategori biaya UKT. Untuk kategori satu dan dua, biayanya sama di semua prodi, yaitu Rp500 ribu untuk kategori satu dan Rp1 juta untuk kategori dua. Sementara, untuk kategori tiga sampai enam terbagi ke dalam dua kelompok prodi.
Kelompok pertama terdiri dari prodi Akuntansi, Manajemen, Budidaya Perairan, Fisika, Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Geografi, PGSD, Pendidikan Olah Raga, dan Sejarah. Nominal untuk kelompok ini ialah Rp1,3 juta untuk kategori tiga, Rp1,6 juta untuk kategori empat, Rp1,9 juta untuk kategori lima, dan Rp2,5 juta untuk kategori enam.
Lalu, untuk kelompok dua terdiri dari prodi Ekonomi Pembangunan, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Informatika, Agribisnis, Agroteknologi, Ilmu Hukum, Pendidikan Bahasa Inggris, Biologi, Pendidikan Biologi, Kimia, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Matematika. Untuk kelompok kedua, tingkatan bayarannya ialah Rp1,4 juta untuk kategori tiga, Rp1,8 juta untuk kategori empat, Rp2,2 untuk kategori lima, dan Rp2,6 untuk kategori enam.
Itulah beberapa informasi penting perihal fakultas dan biaya kuliah di Unsam. Semoga dengan informasi ini Quipperian bisa yakin untuk memilih Unsam sebagai tujuan pendidikannya. Pastinya, kuliah di Unsam akan memberikan pengalaman tak terlupakan untuk Quipperian.

0 komentar:



Post a Comment

Jika tidak memiliki akun di google, wordpress, dan yang lainnya, bisa menggunakan anonymous.