Search This Blog

Mau Tahu Tentang Universitas Samudra? Yuk, Baca 5 Informasi Penting mengenai Kampus Kece di Aceh Ini!

Oleh Sarah Nurul Khotimah
Diterbitkan di quipper.com
23/01/2017


Banyak kampus di Indonesia yang berawal dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) kemudian diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Salah satunya adalah Universitas Samudra yang terletak di Provinsi Aceh.
Bagi Quipperian yang tinggal di Aceh atau ingin merantau ke kota Langsa bisa memilih PTN ini sebagai destinasi perkuliahanmu. Nah, sebelum mendaftar, Quipper Video Blog akan memberikan beberapa informasi penting yang harus kamu ketahui tentang Unsam. Yuk simak informasinya!

Kota Islami yang Pluralis

Universitas Samudera dikenal juga dengan nama Unsam Langsa karena lokasinya yang berada di Kota Langsa. Tepatnya, kampus yang hanya berjarak 10 kilometer (km) dari bibir Selat Malaka ini terletak di Jl. Meurandeh, Kec. Langsa Lama, Kota Langsa.
Sebagai salah satu kota di Provinsi Aceh, Kota Langsa menerapkan hukum syariat Islam. Oleh sebab itu, masyarakat muslim di kota ini diwajibkan menaati dan mengamalkan syariat Islam, sementara yang non-muslim wajib menghormati pelaksanaan syariat Islam. Meski menetapkan hukum syariat Islam, Pemerintah Kota Langsa menjamin dan menghormati perbedaan agama, kok.
Kota ini memiliki tingkat kemajemukan yang tinggi, loh! Hal itu terlihat dari banyaknya warga dari suku lainnya yang hidup damai dan tentram di sini. Suku-suku itu di antaranya, Melayu, Jawa, Tionghoa, dan Batak. Lokasinya yang dekat dengan Kota Medan membuat Kota Langsa menjadi kota yang strategis dan ramai pendatang. So, kota ini sangat nyaman untuk menjadi tempat tinggalmu selama berkuliah di Unsam.

Dari Yayasan Menjadi PTN (Perguruan Tinggi Negeri)

Kampus ini memang baru diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tahun 2013. Akan tetapi, Unsam sebenarnya sudah dirintis sejak tahun 1963, loh. Saat itu, para cendekiawan muslim yang tergabung dalam Al Jamiatul Washliyah Cabang Aceh Timur memiliki inisiatif untuk menyelenggarakan Fakultas Ekonomi. Penyelenggaraan pendidikannya masih berafiliasi pada Universitas Al Washliyah Medan.
Setelah mendirikan Yayasan Pendidikan Samudra pada 1971, tim dari yayasan pun berkonsultasi dengan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh untuk berafiliasi menyelenggarakan Fakultas Keguruan, namun ditolak. Akhirnya Unsam Langsa bekerjasama dengan Universitas Islam Sumatera Utara di Medan untuk menghasilkan sarjana-sarjana pertamanya berjumlah 66 orang.
Dalam perkembangannya, dibuatlah Sekolah Tinggi Ekonomi (STE) dan Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (STHPM). Kemudian, kedua sekolah tinggi itu dilebur ke dalam struktur pendidikan Unsam menjadi Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Hukum (FH) di Unsam.
Peleburan itu kemudian diikuti dengan  berdirinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Pertanian (Faperta). Fakultas Teknik (FT) menjadi yang terakhir bergabung. Hingga kini Unsam Langsa memiliki lima fakultas.

Pendidikan Merakyat Untuk Lulusan Berkualitas

Ingin mencari kampus yang biayanya terjangkau dan merakyat? Unsam bisa jadi pilihanmu. Biaya kuliah di Unsam Langsa cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp500 ribu sampai Rp2,5 juta, tergantung pada pendapatan orangtuamu.
Meski cukup murah biaya pendidikanya bukan berarti kualitasnya tak bagus, loh Quipperian! Unsam termasuk PTN baru yang cukup berkualitas sebab beberapa fakultasnya sudah memiliki akreditasi minimal B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
Selain itu, Unsam termasuk ke dalam PTN yang tengah berkembang. Hal itu terlihat dari visi Unsam yang fokus menghasilkan lulusan berkualitas. Adapun, kampus ini terus meningkatkan mutu pendidikannya sesuai standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.
Quipperian yang akan memasuki dunia kampus harus mulai kenal dengan tridarma perguruan tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat. Nah, Unsam mengimplementasikan ketiga misi itu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Pembelajaran menggunakan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan zaman saat in sehingga lulusan Unsam diharapkan mampu bersaing dengan perubahan zaman menuju era globalisasi.

Kampus yang Terus Belajar dan Berkembang

Dalam misinya yang lain, Unsam Langsa menargetkan manajemen keuangan yang akuntabel. Selain itu, kegiatan penelitian juga difokuskan dengan meningkatkan minat, kemampuan, dan pengalaman dari civitas akademika.
Misi Unsam lainnya ialah menciptakan iklim yang kondusif, damai, dan Islami. Di sini, mahasiswi muslim diwajibkan mengenakan jilbab. Namun, bagi mahasiswi non-muslim tidak dipaksakan mengenakan jilbab. Terakhir, yang menjadi misi Unsam Langsa adalah layanan pendidikan yang bermutu, terencana, dan terprogram. Wah, semakin kece saja ya kampus ini.
Saat ini, Unsam telah memiliki 12 program studi (prodi) yang terakreditasi oleh BAN-PT. Prodi lainnya pun tengah dalam proses pengajuan akreditasi. Sementara perihal peringkat kampusnya, Unsam berada di peringkat ke-313 di tingkat Nasional dan peringkat ke-18.968 di tingkat dunia. Peringkat tersebut meningkat dari sebelumnya yang berada di sekitar peringkat 20.000. Melihat perkembangan Unsam dari tahun ke tahun, tak heran kalau kampus ini semakin banyak peminatnya!

Informasi Unsam di Media Sosial

Kalau Quipperian ingin mencari tahu informasi resmi mengenai Unsam, kamu bisa mendapatkannya di website resminya, yakni di alamat https://www.unsam.ac.id. Selain itu, kamu bisa melihat berbagai perkembangan Unsam melalui akun resmi media sosialnya, loh!
Twitter @univ_samudra.
Telepon/fax: (0641) 426534.
Email: info@unsam.ac.id.
Nah, itulah beberapa informasi penting yang wajib kamu ketahui tentang Unsam. Kalau mau tahu lebih lanjut informasi lainnya perihal Unsam dan PTN lainnya, kamu bisa mengikutinya di Quipper Video Blog. Biar gak ketinggalan informasi, yuk pantau terus blog Quipper Video!

0 komentar:



Post a Comment

Jika tidak memiliki akun di google, wordpress, dan yang lainnya, bisa menggunakan anonymous.