Skip to main content

Tanpa ke Dokter, Kamu Bisa Cek Kesehatan dengan Aplikasi Ini!

Kamu pernah berpikir kalau cek kesehatan itu bukan prioritas? Kamu hanya mau ke fasilitas kesehatan kalau nggak enak badan saja? Atau, apa kamu selalu tebak-tebakan penyebab rasa sakitmu?

Meskipun kamu tidak mempelajari studi kesehatan atau memiliki keluarga yang bekerja di dunia kesehatan, kamu tetap harus bisa mengontrol kesehatan dasarmu loh.

Jangan tebak-tebakan dengan rasa sakitmu. Seperti merasa menderita anemia karena sering pusing, lalu kamu rajin mengonsumsi obat anemia. Padahal bisa jadi Hb-nya normal. Atau mengalami luka yang sulit kering, lalu diyakini penyebabnya diabetes dan kamu mulai mengurangi konsumsi gula. Jika ternyata tebakanmu salah, kamu malah akan mengalami penyakit hipoglikemi atau rendah gula darah.

Hiiy, ngeri kan.

Sebelum kita mendapatkan diagnosa sakit dari dokter, alangkah baiknya kalau kita rajin mengontrol tubuh kita. Mengecek kesehatan dasar atau dalam istilah medis disebut tanda-tanda vital ternyata cukup mudah. Ada aplikasi keren yang bisa membantumu, namanya [iCare Health Monitor](https://play.google.com/store/apps/details?id=comm.cchong.BloodAssistant&hl=in). Selain bisa mengecek tanda-tanda vital, aplikasi gratis ini juga membimbingmu untuk workout.

Seperti apa cara kerjanya? Berikut ringkasannya:

1. Cek Tanda-Tanda Vital


Dengan memanfaatkan fungsi kamera dan aliran darah di ujung jari, kamu bisa mengetahui tekanan darah, denyut nadi, oksigen, dan viskositas darah. Sudah seperti cek ke dokter saja, ya.

2. Cek Sensory


Pasti sudah tidak asing dengan tes di atas. Ada tes pendengaran, tes mata, sensitivitas, dan buta warna. Wah, lengkap ya.

3. Latihan Mata

Sering melihat gadget? Selingan senam mata ini baik untuk kesehatan matamu.

4. Workout

Aplikasi ini juga sangat bermanfaat untuk membimbingmu berolahraga. Bahkan ada aplikasi penghitungnya supaya kamu tidak merasa berolahraga sendiri. Nah, bisa membantumu mengecilkan perut kan.

Bagaimana? Sekarang mengecek dan meningkatkan kesehatan bisa dilakukan dengan mudah melalui ponselmu. Setelah menyimpan aplikasi ini di ponselmu, dijamin kamu akan semakin memahami akan kondisi kesehatanmu dan bertanggung jawab pada badanmu.

[Unduh iCare Health Monitor]

Artikel ini ditulis oleh Sarah Nurul Khotimah dan diterbitkan di Babe News 

Comments

Popular posts from this blog

Pengaruh Ragam Budaya Indonesia Terhadap Kesehatan

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI INDONESIA

Perjalanan dan Renungan Tentang Spiritual

Siang ini hectic. Ceritanya saya ngejar UP bulan ini tapi bimbingan aja jarang. Susah emang kalau nggak punya motivasi hidup terikat orang lain, menemui dosen pembimbing aja mengumpulkan niatnya harus jungkir balik dulu. It's time to regret. Besok pengumpulan draft tapi saya masih nguwel-nguwel proposal.

Kalau besok bisa bimbingan sama Pak Iyus, kayaknya saya bisa UP bulan ini. Kalau nggak, see you in April kayaknya.
Seperti biasa, saya keluar dari perpustakaan jam 4 sore. Nyimpen draft di meja Pak Iyus sama Pak Irman, lalu pulang jalan kaki. Karena sendirian, sepanjang perjalanan saya melamun, eh merenung. Saya akan memasukan nama Dewi Lestari dan Reza Gunawan di skripsi saya, karena karya merekalah saya membuat judul skripsi seperti ini.
Dewi terlahir sebagai Nasrani. Menjelang dewasa, dia mempertanyakan Tuhan. Saking hausnya dengan informasi mengenai Tuhan, dia mempelajari semua agama. Dalam satu hari Dewi bisa menghabiskan tiga buku tentang agama. Dari pengalaman spiritual ya…