Search This Blog

Forum Komunikasi LK Se-Unpad



“We can’t without communication.”

Ungkapan tersebut merupakan aksion pertama dari lima aksion dasar komunikasi oleh Paul Watzlawitc, Janet Beavin, dan Don Jackson. Pada kenyataannya, kita memang tidak bisa tanpa komunikasi, terutama dalam berorganisasi. Hal tersebut berlaku pada lembaga kemahasiswaan tingkat Universitas yang tersedia di Unpad, yaitu BEM, BPM, BEM Fakultas, dan UKM yang memerlukan komunikasi tersebut sebagai alur informasi untuk menyatukan masing-masing lembaga. Kesatuan tersebut perlu diciptakan dengan komunikasi yang fokus, terarah, dan kontinyu.

Sebagai salah satu bentuk sinergisasi LK se-Unpad tersebut, Kementerian Media dan Informasi membentuk sebuah Forum, yaitu Forum Komunikasi (Forkom). Forum ini melaksanakan pertemuan pertama pada hari Sabtu, 14 April 2012, selanjutnya pertemuan akan dilaksanakan secara ruting dengan rentang waktu satu bulan sekali. Anggota forum ini terdiri dari Medfo (Media dan Informasi), Infokom (Informasi dan Komunikasi), Kominfo (Komunikasi dan Informasi), Humas (Hubungan Masyarakat), dan beberapa nama yang berbeda namun memiliki kinerja yang sama, yaitu sebagai pusat informasi dari lembaganya masing-masing.

Dalam forum ini, Kementerian Media dan Informasi mengenalkan media komunikasi dan informasi dari BEM, yaitu group facebook BEM KEMA UNPAD, twitter bem_unpad, web kema.unpad.ac.id, SMS center 085721327085, dan radio MU (Mahasiswa Unpad) yang telah memasuki tahap open recuitment. Masing-masing delegasi dari BPM, BEM fakultas, serta UKM pun memaparkan media komunikasi dan informasi dari lembaga masing-masing, serta bagaimana input (informasi dari luar ke dalam) dan output (informasi dari dalam ke luar) bisa dilakukan di lembaga tersebut.

Selain berbagi informasi mengenai media komunikasi setiap lembaga, forum ini juga membentuk keredaksian buletin Interval 21. Di tahun ini, Interval 21 yang diterbitkan sejak tahun 2008 dan merupakan house journal BEM Kema Unpad akan berubah fungsi menjadi buletin Kema Unpad, sehingga keredaksian diharuskan berasal dari lembaga-lembaga yang ada di Kema Unpad.

Beberapa forum lainnya yang menjadi kesatuan dari berbagai LK di Unpad terbagi sesuai dengan bidangnya masing-masing, yaitu sebagai berikut:
1. Forkesmupa (Forum Kesejahteraan Mahasiswa Unpad)
2. Forkas (Forum Kajian Strategis)
3. Forgab (Forum Gabungan)
4. Forum PSDMO
5. Forum Miba (Forum Minat dan Bakat)
6. Forum Penalaran
7. FKL (Forum Ketua Lembaga)
8. Setgab (Sekertariat Gabungan)

Dengan adanya forum-forum yang mewadahi kegiatan LK se-Unpad, diharapkan komunikasi yang terjalin menjadi bentuk nyata terciptanya Keluarga Mahasiswa yang sinergis dan profesional. (Sarah)

0 komentar:



Post a Comment

Jika tidak memiliki akun di google, wordpress, dan yang lainnya, bisa menggunakan anonymous.