Skip to main content

LOMBA PENULISAN ARTIKEL POPULER "ALL ABOUT INSECT"

Periode : 24 Desember 2011 -17 Januari 2012

Penyelenggara : Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) Pusat


Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata ‘serangga’ ? Lalat, nyamuk, kecoa, wereng? Serangga-serangga tersebut berkonotasi negatif, dikenal sebagai vektor penyakit dan hama tanaman.


Padahal serangga adalah spesies paling banyak ragamnya di alam ini, dengan manfaat yang tak kalah besarnya.Di dunia, dikenal lebih dari 900.000 jenis spesies serangga, menduduki 80% dari total spesies makhluk hidup di bumi ini. Jumlah tersebut masih ditambah dengan jenis spesies yang belum dinamai. Serangga juga menduduki biomasa terbesar dari dunia fauna. Serangga penting untuk menyehatkan habitat tropis. Peran mereka sebagai pemecah u nsur organik, membantu penyerbukan bunga sehingga tanaman dapat berbuah, dan sebagai salah satu mata dalam rantai makanan. Ketiadaan atau berkurangnya serangga di alam dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.


Ada banyak hal menarik tentang serangga, akan tetapi masih sedikit yang dituangkan dalam bentuk artikel populer yang lebih mudah dimengerti oleh semua kalangan. Dalam rangka merangsang dan meningkatkan minat menulis serta menggali kekayaan pengetahuan mengenai entomologi, maka Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) pusat akan mengadakan lomba penulisan artikel populer dengan tema “All about Insect”. Lomba ini merupakan rangkaian kegiatan Kongres VIII dan Seminar Nasional PEI tanggal 24-25 Januari 2012.



Sub tema pilihan :

1. Kaitan serangga dengan ketahanan pangan

2. Konservasi serangga

3. Entomologi kesehatan

4. Pengendalian hama terpadu

5. Pendidikan entomologi

6. Kaitan serangga dengan perdagangan bebas
7. Pestisida dalam pengendalian hama Syarat dan Ketentuan



1. Lomba ini dapat diikuti oleh para pelajar SMA/SMK, mahasiswa, dan umum di seluruh Indonesia

2. Periode : 24 Desember 2011 - 17 Januari 2012

3.Tulisan berupa artikel populer, gaya penulisan bebas, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, diperkenankan menggunakan kata serapan. Bisa berupa ulasan mendalam mengenai serangga. Jika terdapat literatur harus dicantumkan sumbernya.

4. Panjang tulisan maksimal 1000 kata.

5.Format tulisan A4, TNR 12, dan spasi 1,5.

6.Tulisan dikirim ke email lombainsekta@gmail.com sebelum pukul 23.59 tanggal 17 Januari 2012. Waktu dilihat berdasarkan yang tercantum di email.

7. Menyertakan biodata penulis : Nama, Tempat tanggal Lahir, Instansi / sekolah, Alamat, Email dan No HP

8. Peserta akan mendapatkan email konfirmasi keikutsertaan setelah mengirimkan tulisan

9. Tulisan belum pernah dipublikasikan atau memenangkan lomba sejenis.

10. Tulisan yang menjadi pemenang, atau akan digunakan untuk kepentingan Penyelenggara akan dikonfirmasikan terlebih dahulu kepada penulis. Tulisan yang tidak menang akan kembali menjadi milik penulis dalam waktu 1 bulan setelah pengumuman lomba

11. Peserta boleh mengirimkan maksimal 3 tulisan
12. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat


Pengumuman pemenang dan Hadiah



Pemenang akan diumumkan melalui email ke seluruh peserta pada tanggal 24 Januari 2012, dengan hadiah sebagai berikut:

Juara I : Rp. 1000.000,- + sertifikat + souvenir

Juara II : Rp. 750.000,- + sertifikat + souvenir

Juara III: Rp. 500.000,- + sertifikat + souvenir
Bukan hanya itu, bagi 15 nominator akan mendapatkan sertifikat, kaos, dan tulisannya diterbitkan dalam website PEI.



Juri:

1. Dr. Damayanti Buchori, MSc. (Peneliti di Laboratorium Bioekologi Parasitoid dan Predator IPB, Pengurus PEI Pusat)

2. Ir. Djoko Prijono, MAgrSc. (Peneliti di Laboratorium Fisisologi dan Toksikologi Serangga IPB, Dosen Mata Kuliah Metodologi Penulisan dan Penyajian Ilmiah)
3. Murtiyarini, SP. (Penulis artikel-artikel popular, Staf di Pusat Kajian Pengendalian Hama Terpadu IPB)



Kriteria penilaian:

1.Kedalaman dan ketajaman analisa, tulisan memberikan analisa yang cukup, sehingga bisa menggambarkan relasi intens antara serangga dan berbagai komponen lainnya dalam konteks persoalan yang dibahas. (bobot 30%)

2. Kekinian, persoalan yang disampaikan adalah persoalan yang nyata terjadi saat ini. (bobot 20%)

3.Kekayaan informasi, tulisan memberikan informasi yang cukup menambah pengetahuan pembaca mengenai serangga sesuai konteks bahasan. (bobot 30%)
4.Tata bahasa populer, tulisan ini ditujukan untuk pembaca non akademis, jadi perlu menjelaskan dengan bahasa yang bisa dibaca oleh orang umum tentang serangga dalam konteks persoalan yang dikupas. (bobot 20%)

Comments

Popular posts from this blog

Pengaruh Ragam Budaya Indonesia Terhadap Kesehatan

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI INDONESIA

Perjalanan dan Renungan Tentang Spiritual

Siang ini hectic. Ceritanya saya ngejar UP bulan ini tapi bimbingan aja jarang. Susah emang kalau nggak punya motivasi hidup terikat orang lain, menemui dosen pembimbing aja mengumpulkan niatnya harus jungkir balik dulu. It's time to regret. Besok pengumpulan draft tapi saya masih nguwel-nguwel proposal.

Kalau besok bisa bimbingan sama Pak Iyus, kayaknya saya bisa UP bulan ini. Kalau nggak, see you in April kayaknya.
Seperti biasa, saya keluar dari perpustakaan jam 4 sore. Nyimpen draft di meja Pak Iyus sama Pak Irman, lalu pulang jalan kaki. Karena sendirian, sepanjang perjalanan saya melamun, eh merenung. Saya akan memasukan nama Dewi Lestari dan Reza Gunawan di skripsi saya, karena karya merekalah saya membuat judul skripsi seperti ini.
Dewi terlahir sebagai Nasrani. Menjelang dewasa, dia mempertanyakan Tuhan. Saking hausnya dengan informasi mengenai Tuhan, dia mempelajari semua agama. Dalam satu hari Dewi bisa menghabiskan tiga buku tentang agama. Dari pengalaman spiritual ya…